Saturday, January 15, 2011

Topik penelitian keperawatan untuk doktoral

Kami telah diminta beberapa kali untuk menulis sejumlah topik penelitian keperawatan dalam blog ini yang dapat digunakan untuk diseretasi pasca sarjana. Kami tidak dapat menyalahkan orang penelitian keperawatan lengkap ditulis disini. Namun kami tidak akan menulis penelitian keperawatan lengkap disini sehingga siapapun dapat meng copy dan paste nya kedalam berkas Microsoft Word kosong lalu menyerahkannya sebagai disertasi mereka. Praktek ini menyedihkan. Sebagian penelitian keperawatan atau kependidikan memerlukan waktu tiga tahun untuk diselesaikan. Bagaimana mungkin saya akan memposting disertasi tersebut dengan gratis disini?
Bila anda ingin topik penelitian keperawatan, berikut beberapa saran kami untuk menemukan topik yang bagus dalam penelitian keperawatan yang dapat anda gunakan dalam penelitian doktoral anda. Kami tidak akan menyarankan topik yang spesifik namun panduan umum bagaimana memilih topik penelitian keperawatan yang baik (yang akan bagus bagi anda dalam jangka panjang):
  • Lihat kesekitar anda (sekolah, rumah, event, masyarakat, kurikulum keperawatan, program kesehatan pemerintah Indonesia, instruktur klinis dan sebagainya) dan tentukan beberapa masalah dalam bidang tersebut
  • Apakah ada kebutuhan untuk mempelajari masalah tersebut? Jika ya, baca langkah selanjutnya. Bila tidak, cari masalah lain. Dalam melakukan penelitian, masalah pertama anda adalah mencari masalah itu sendiri.
  • Tentukan “kelayakan” topik keperawatan yang anda pilih. Coba evaluasi bila apakah anda memiliki:
  1. Waktu – bila anda dapat menyelesaikan studi sebelum deadline dibuat oleh universitas anda
  2. Uang – bila anda mampu menopang pengeluaran yang terproyeksi. Bila anda pikir anda tidak dapat menghasilkan jumlah yang cukup untuk menutupi pengeluaran keseluruhan penelitian, buang topiknya dan pikirkan topik lain
  3. Minat – elemen paling penting yang harus anda miliki dalam memilih topik. Bila topik atau gagasan tersebut tidak menarik anda, cari yang lain atau pikirkan yang lain. Bahkan bila anda punya waktu dan uang untuk membiayai penelitian, bila anda tidak memiliki minat, ada kemungkinan besar kalau anda tidak akan mampu mempertahankan disertasi dengan baik.
  • Proyeksikan hasil yang mungkin. Apakah rekomendasi praktis yang mungkin untuk diimplementasikan bila dan hanya bila studi ini telah dilakukan? Bila ya, maka lanjutkan dan tulislah draf bab pertama anda.
Hal-hal yang mungkin dapat anda pelajari adalah proses pendidikan, hubungan antara variabel (misalnya kinerja mengajar instruktur klinik dan kinerja akademis mahasiswa), berbagai metode pengajaran di universitas anda, insidensi penyakit tertentu seperti diabetes, prevalensi praktek budaya tertentu yang terkait dengan kesehatan dan manajemen keperawatan, faktor-faktor yang mempengaruhi fenomena seperti kinerja akademis mahasiswa keperawatan dalam RLE, praktek perawatan anak kelompok minoritas, isu kesehatan seperti kesehatan reproduksi, isu sosial seperti status dan sikap single parents, dan sebagainya.
Seperti yang kami katakan, lihat sekeliling anda dan carilah masalah yang ada dalam pendidikan keperawatan, kurikulum keperawatan, daerah klinis dan sebagainya. Temukan studi di masa lalu yang dapat anda follow up.
Pendidikan keperawatan di Indonesia tidaklah sempurna. Bila anda hanya membuka mata anda, anda akan menemukan topik penelitian keperawatan yang baik yang dapat menarik bagi anda dan berguna bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment