Tuesday, April 5, 2011

Judul Disertasi

Bagaimana kita membujuk pembaca melihat hasil penelitian kita dalam disertasi? Salah satu cara terbaik adalah membuat judul disertasi yang bermutu tinggi. Ia mungkin semata “tag nama” untuk tulisan kita namun judul memiliki pengaruh besar pada jumlah pembaca yang akan tertarik dengan pekerjaan kita. Dalam aspek ini, kami akan membicarakan mengenai hal-hal yang anda butuhkan untuk membuat judul disertasi.
Anda harus menulis judul disertasi di halaman sampul. Ini adalah halaman pertama disertasi anda yang akan dilihat pembaca. Dalam kasus tersebut, anda harus memiliki judul yang menarik dan efektif. Bagaimana kita menulis judul disertasi kita? Berikut beberapa tips yang dapat anda handalkan.
Judul disertasi harus mencerminkan seluruh tulisan. Ia harus memberi pembaca anda gagasan apa yang dibahas tulisan tersebut. Lebih jauh, anda harus mencoba menerapkan beberapa kata kerja yang akan menandai minat peneliti dalam menyusun disertasi.
Penting kalau judul disertasi mengandung gagasan yang telah ada dalam masalah penelitian. Seperti anda ketahui, masalah penelitian adalah alasan utama mengapa anda melakukan penelitian. Bila anda akan memasukkannya kedalam judul, maka anda akan segera memberi tahu pembaca apa misi anda sebenarnya.
Judul disertasi tidak boleh terlalu panjang. Anda hanya bisa membuat paling banyak dua baris. Dengan cara ini, anda dapat dengan mudah mengatur gagasan utama penelitian anda di judul. Judul yang panjang dapat menghilangkan minat pembaca karena ia akan mencerminkan kesan kalau disertasi anda terlalu teknis sehingga sebagian besar pembaca tidak tertarik.
Saat menulis judul, pastikan kalau anda hanya memakai kata yang sangat sederhana. Ini adalah cara yang bagus untuk menarik banyak pembaca. Karena kata-kata sederhana mudah dipahami, anda akan memiliki cakrawala pembaca yang lebih luas yang akan menghargai disertasi anda.
Pada aspek teknis penulisan judul disertasi anda, judulnya harus berada pada posisi tengah halaman. Biasanya kita dapat menulis pada 30% atas ruang halaman. Ia harus di rata tengah untuk pandangan optimum.
Jangan gunakan karakter khusus apapun di judul. Tidak boleh ada tanda kutip atau karakter non huruf atau non angka lainnya. Pastikan kalau judul anda menggunakan sifat teks formal yang akan mencerminkan kalau anda membuat disertasi yang serius.
Satu hal lagi, kata-kata di judul disertasi tidak boleh bergaris bawah atau dimiringkan. Jadikan ia judul yang sederhana dan formal.


No comments:

Post a Comment