Thursday, April 21, 2011

Struktur Disertasi

Pada awalnya terlihat kalau menyelesaikan sebuah disertasi adalah tugas yang berat. Walau begitu, ketika penelitian telah anda lakukan, segalanya yang anda perlukan adalah struktur disertasi yang sesuai. Menyusunnya dalam urutan yang baik akan membantu anda mengumpulkan pemikiran dan mengorganisasikan hasil penelitian anda. Anda sangat perlu membahas struktur disertasi dengan pembimbing anda, namun secara umum, setiap disertasi akan memiliki bagian-bagian berikut:
Halaman Judul
Halaman judul sebuah disertasi adalah hal pertama yang akan dilihat oleh penilai anda; karenanya anda harus memastikan ia sempurna dalam formatnya. Halaman judul anda harus mencakup komponen berikut:
  1. Judul disertasi
  2. Nama mahasiswa dilanjutkan dengan derajat dan tanggal lulus jika relevan
  3. Alasan mengajukan proyek, biasanya dinyatakan sebagai “sebagai syarat memenuhi gelar doktor”
  4. Jurusan dan nama universitas
  5. Tanggal penyerahan karya
Abstrak
Bagian disertasi ini harus singkat dan informatif. Panjangnya beraneka ragam dari 300 hingga 500 kata. Abstrak disertasi harus terdiri dari satu atau beberapa paragraf kecil. Gagasan terbaik adalah memasukkan beberapa data latar belakang untuk penelitian anda, tujuan yang telah anda gariskan dan pencapaian penelitian anda. Idealnya, setelah membaca abstrak, orang akan mampu memutuskan apakah disertasi anda menarik bagi mereka atau tidak.
Ucapan Terima Kasih
Dalam ucapan terima kasih disertasi, anda berterima kasih pada setiap orang yang telah membantu anda dengan penulisan disertasi ini. Mereka termasuklah pembimbing, guru, profesor, asisten, teman, orang tua dan bahkan keseluruhan lembaga. Dalam bagian ini anda dapat serius dan dapat sedikit informal. Ingat kalau semuanya harus pas hanya dalam batas satu halaman saja.
Daftar Isi
Biasanya ia ditulis setelah semua bagian lain selesai. Daftar isi mencakup judul dan nomer halaman dari semua bab dan sub bab disertasi. Untuk halaman sebelumnya, anda harus menggunakan angka romawi seperti i, ii, iii, iv, dst.
Pendahuluan
Pendahuluan disertasi dapat memakan 10% volume seluruh disertasi. Dalam bab ini anda harus mengikuti tiga tahap utama:
  1. Menentukan masalah penelitian, yaitu menyatakan mengapa pertanyaan tertentu harus dijawab;
  2. Menyatakan hipotesis penelitian anda, sejenak menggariskan apa yang akan anda buktikan, dan sebutkan batasan penelitian;
  3. Menjelaskan manfaat penelitian anda, yaitu bagaimana ia bisa menguntungkan bidang ilmu dan bagaimana ia akan sesuai dengan penelitian lain di bidangnya.
Metodologi / Tinjauan Pustaka/ Hasil dan Pembahasan
Tiga bab ini dapat dinamakan sebagai badan utama disertasi anda, walaupun didalam bab hasil dan pembahasan terdapat subbagian lainnya.
Bab Metodologi
Ukuran bagian ini berbeda untuk berbagai subjek dan tergantung pada sifat disertasi. Bila pendekatan kualitatif, kuantitatif dan penelitian campuran terlibat, maka anda perlu menjelaskan teknik anda secara detail. Selain itu, anda harus mendukung pilihan metode anda dengan argumentasi yang sesuai. Beberapa tipe disertasi juga membutuhkan bab tambahan yang menjelaskan cara menafsirkan data; misalnya, pendetakan penelitian kualitatif membutuhkan ini.
Tinjauan Literatur
Tinjauan pustaka yang solid adalah bab wajib dalam penelitian primer, sementara tidak terlalu solid bagi disertasi dalam disiplin teoretis dimana seluruh penelitian terlibat dalam dialog dengan literatur yang ada dalam topik.
Bila anda menggunakan penelitian primer, anda akan menganalisa literatur untuk mencari fakta apa yang telah diketahui mengenai subjek anda. Dalam mencapainya, tujuan anda adalah menemukan celah dalam pengetahuan yang ada dan menunjukkan bagaimana disertasi anda akan mengisi celah tersebut. Semua karya yang anda rujuk dalam tinjauan literatur anda harus dikutip dengan pantas dan di referensikan di daftar pustaka.
Hasil dan Pembahasan
Bagian disertasi ini dapat terdiri dari 3 hingga 5 bab. Tiap bab harus menyajikan satu aspek penelitian anda tanpa kehilangan tujuan utama. Bila hanya memakai penelitian kuantitatif, maka bab-bab ini membahas berurutan tiap hipotesis yang disajikan, menjelaskan hasilnya dan menafsirkannya. Bab-bab ini membentuk esensi disertasi anda; karenanya, penting kalau anda menyajikan bukti yang mendukung dan argumen yang solid dan masuk akal.
Kesimpulan dan Saran
Dalam bab kesimpulan disertasi anda harus merangkum semua point utama anda dan memunculkan penilaian akhir. Penting bagi anda untuk meramalkan dan menyanggah argumen lawan yang mungkin muncul. Persyaratan wajib lainnya adalah menemukan tempat untuk hasil penelitian anda dalam basis pengetahuan bidang keilmuan tersebut. Tujuan dan ruang lingkup penelitian lebih lanjut dapat disarankan. Untuk beberapa tipe disertasi, gagasan yang bagus adalah memberikan gagasan-gagasan bagaimana hasil penelitian anda dapat diintegrasikan dengan kehidupan dan aplikasi praktis.
Daftar Pustaka
Bagian disertasi ini harus mencakup semua buku, artikel, jurnal dan sumber online yang telah anda pelajari selama masa penulisan. Semua sumber harus didaftarkan pada halaman terpisah dalam urutan abjad. Pastikan kalau gaya referensi yang anda gunakan adalah gaya yang digunakan oleh universitas anda. Saat karya anda selesai, disarankan untuk memeriksa ulang kalau saja ada sumber yang belum dituliskan dalam daftar pustaka disertasi anda.
Lampiran
Ini adalah bagian akhir disertasi anda. Peninjau akan memeriksanya untuk memastikan kalau hasil penelitian anda benar. Lampiran tidak dihitung sebagai batas halaman disertasi anda, walaupun ia dapat saja cukup panjang. Bahan-bahan berikut perlu dilampirkan di lampiran:
  1. Kuesioner sampel
  2. Gambar dan foto
  3. Grafik dan diagram
  4. Surat dan peta
  5. Tabel data primer

No comments:

Post a Comment