Wednesday, July 20, 2011

Apa Itu Disertasi?

Disertasi setidaknya mengandung lima hal yang menjadi ciri-cirinya.
1. Disertasi harus berupa argumentasi.
2. Disertasi merupakan pemaparan hasil penelitian orisinil.
3. Disertasi adalah hasil dari pendidikan.
4. Mungkin merupakan karya tulis paling mandiri dan terbesar yang anda lakukan, dan
5. Ia dapat dipublikasikan. Minimal ia dipublikasikan dalam jurnal ilmiah. Ia juga dapat diterbitkan menjadi buku. Walau begitu, sebagian besar doktor tidak pernah mempublikasikan disertasinya menjadi buku.
Secara resmi disertasi doktor harus memberikan kontribusi nyata pada pengetahuan mengenai subjek dan menawarkan bukti keaslian yang ditunjukkan oleh fakta-fakta baru dan/atau berdasarkan daya kritis mandiri calon doktor. Definisi ini berasal dari Universitas London.
Untuk mempertahankan mutu, mahasiswa pasca sarjana s3 diberikan profesor penguji yang akan mengapresiasi penelitian anda. Penguji ini harus anda pilih dengan hati-hati. Tujukan disertasi anda pada mereka. Tetaplah berpegang pada karya-karya ilmiah mereka, dan tetap berkomunikasi secara teratur dengan mereka. Caranya bisa dengan menanyakan apa saja peraturan di universitas anda. Umumnya dipandang normal untuk berinteraksi secara teratur dengan komite disertasi anda.
Penguji anda harus diberi tahu tentang penelitian anda. Bila ia tidak ada dalam disertasi anda, mereka tidak akan mencari tahu tentangnya. Tidak peduli seberapa baik penelitian anda, anda tetap harus menulis disertasi yang baik.

No comments:

Post a Comment