Tuesday, June 19, 2012

Beberapa Tips Menulis Disertasi


Apa itu disertasi? Disertasi adalah sebuah argumen. Ia juga bisa berupa eksposisi sebuah penelitian orisinil. disertasi juga dapat diartikan sebagai hasil dari bimbingan. Selain itu, tesis mungkin merupakan karya tulis anda terbesar yang pernah anda tulis dan dapat anda terbitkan. Ia dapat diterbitkan misalnya dalam bentuk buku atau sebuah makalah jurnal. Walau begitu, anda mungkin tidak akan pernah atau boleh menerbitkan disertasi secara keseluruhan kecuali untuk kepentingan universitas.
Disertasi seorang doktor berbeda dengan tesis master apalagi skripsi sarjana. Sebuah disertasi harus memberikan kontribusi berarti bagi pengetahuan mengenai subjek dan memiliki bukti orisinalitas ditunjukkan dengan menemukan fakta baru dan atau menerapkan kekuatan kritik yang independen.
Penguji anda harus anda pilih dengan hati-hati. Targetkan disertasi anda pada mereka. Perhatikan juga karya-karya tulis penguji anda dan berhubunganlah dengan mereka secara teratur. Anda bisa bertanya tentang aturan di universitas anda misalnya apakah normal di kampus ini untuk berinteraksi dengan tim penguji secara teratur?
Penguji anda perlu diberitahu mengenai penelitian anda. Jika itu tidak ada dalam disertasi anda, mereka tidak akan mencari tahu. Tidak peduli seberapa bagus penelitian anda, anda harus menulis disertasi yang bagus.
Bagaimana mulai menulis? Mulailah menulis hari ini juga. Putuskan judul anda. Tulis halaman judul anda. Siapkan folder tersendiri. Cari disertasi dengan tema yang sejenis dengan anda. Dan rencanakan argumentasi anda.
Rencanakan argumentasi anda untuk hal-hal berikut:
1.       Bidang studi anda di pendahuluan
2.       Masalahnya, apa yang akan anda hadapi
3.       Apa kata literatur mengenai masalah ini
4.       Bagaimana saya menghadapi masalah ini
5.       Bagaimana saya mengimplementasikan solusi saya
6.       Bagaimana hasilnya

No comments:

Post a Comment