Saturday, January 29, 2011

Disertasi Informatika

Menulis Disertasi Informatika bukanlah tugas yang mudah bagi mahasiswa yang bukan mahasiswa pasca sarjana informatika. Mahasiswa doktoral informatika diwajibkan mengerjakan disertasinya, mereka dapat memilih melakukan penelitian untuk mencari solusi sebuah masalah; menulis algoritma baru; mengembangkan software baru; menemukan arsitektur baru untuk membangun sistem komputer baru atau mencari protokol baru untuk menghubungkan berbagai teknologi. Namun hal ini bukan kasus untuk mahasiswa s3 yang bukan mahasiswa informatika. Sementara mahasiswa pasca sarjana informatika menulis disertasi informatika, mahasiswa doktoral lain yang mempelajari Ilmu Sosial tidak dapat menulis disertasi dengan subjek informatika. Bila ini merupakan arah disertasi informatika, maka ada banyak sudut yang dapat dijelajahi.
Beragam Aplikasi Informatika
Istilah teknik informatika pertama muncul lima puluh tahun lalu. Walau Informatika masih baru, basis pengetahuan, penerapan, penggunaan meluas, memberi manfaat pada manusia dan distribusi manfaat pada masyarakat lebih besar daripada bidang sains atau teknologi lain yang ada sekarang. Karenanya informatika telah mengambil peran besar bila bukan peran terbesar pada semua lingkup aktivitas manusia. Peran dalam bidang yang luas seperti Ekonomi, Komunikasi, Perbankan, Hiburan, Kedokteran dan Pertanian sudah jelas. Mustahil menyebutkan aktivitas manusia yang tidak memiliki aplikasi informatika yang dapat dikembangkan dan di inovasi. Mahasiswa s3 yang menulis disertasi informatika harus hati-hati dalam menentukan topik khusus yang sempit dalam bidang yang sedemikian besar.
Mengetahui Cabang-cabang Informatika
Dalam periode singkat keberadaan informatika, pengembang dengan kecepatan sangat tinggi dan sangat ekspansif menciptakan banyak bidang informatika yang saling bertindihan. Sekarang menjadi umum merujuk kombinasi dua bidang ilmu ini sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sifat subjek ini yang seperti penyelam telah mengangkat sejumlah besar subjek independen bila dipelajari dalam Informatika. Hal ini membuat tugas memilih topik disertasi malah semakin sulit.
Berikut ini segelintir subjek yang muncul dalam payung Informatika.
  • Sistem komputer
  • Pemprograman komputer
  • Teknologi informasi dan organisasi
  • Database
  • Jaringan dan komunikasi data
  • Analisa dan desain sistem
  • Manajemen proyek teknologi informasi
Menulis Disertasi Informatika
Setelah mahasiswa memilih topik yang pantas, sempit dan spesifik untuk disertasi informatikanya, langkah selanjutnya adalah mengembangkan masalah. Masalah adalah gagasan utama atau argumen utama disertasi. Ia harus lengkap dan menjelaskan sepenuhnya apa yang akan dituju dalam disertasi. Setelah mengembangkan gagasan disertasi, masalah dan hipotesis yang diajukan perlu di modifikasi atau diubah. Langkah selanjutnya menulis disertasi adalah meneliti sumber yang tersedia dan menentukan arah penelitian. Setelah ada cukup bukti, argumentasi dan data yang dikumpulkan lewat penelitian, mereka harus diatur dan disajikan secara jelas, logis dan koheren. Dalam melakukan hal ini, format standar harus dipegang.
Disertasi Informatika Terbaik
Bagaimana agar anda dapat mengajukan disertasi Informatika yang dapat menjadi salah satu disertasi terbaik di jurusan anda? Dapatkan semua bantuan yang mungkin dari setiap sumber yang tersedia. Bantuan terbaik ada di penulisdisertasi.blogspot.com yang menyediakan bantuan disertasi mulai dari tahap pemilihan topik hingga pembacaan kembali seluruh disertasi. Mahasiswa pasca sarjana juga dapat memesan disertasi yang dibuat sesuai keinginan anda yang dapat digunakan sebagai contoh disertasi untuk memandu penyerahan disertasi mahasiswa doktoral.
Hubungi kami sekarang juga di penulisdisertasi@gmail.com


No comments:

Post a Comment