Sunday, January 2, 2011

Disertasi Komunikasi

Disertasi komunikasi mestinya bukan masalah bagi mereka yang menghabiskan seluruh waktunya membaca, memikirkan dan mempelajari bagaimana berkomunikasi lewat berbagai bentuk media. Sayangnya, tidak ada yang semudah itu saat kertas dan pen tradisional menjadi media yang dipilih.
Pertama-tama, anda harus memiliki sesuatu yang penting untuk dikomunikasikan. Masalah yang muncul pada mereka yang memilih bidang keilmuan komunikasi adalah sifat dari bidang ini yang telah merembes pada seluruh aspek yang dapat dikomunikasikan. Cara terbaik anda adalah memilih sebuah topik, lama atau baru, lalu sedikit mengganti judulnya. Bahkan walaupun internet sudah ada semenjak dua dekade, ia masih merupakan media komunikasi yang ber-evolusi terus menerus dan semakin menyebar setiap harinya. Untuk pertama kalinya, komunikasi internasional menjadi seketika bagi sebagian besar pengguna internet di dunia. Tidak peduli aspek komunikasi apa yang anda pilih untuk disertasi, hal ini jelas harus dipertimbangkan.
Beberapa topik disertasi komunikasi yang bagus antara lain:
  • Penggunaan Bahasa Pemasaran dalam Komunikasi
  • Hukum Hak Cipta dalam Media
  • Internet sebagai Medium Pemasaran
  • Internet sebagai Kendaraan Politik
  • Media dan Pola Konsumsi
  • Pers Kecil dan Kebebasan Berkomunikasi
  • Radio dan Komunikasi
  • Televisi dan Komunikasi Pemasaran
  • Komunikasi Media Berita
  • Teori Komunikasi
  • Kepribadian Komunikasi
  • Komunikasi Media Internasional
Setelah anda memilih topik anda dan penggubahan yang memasukkan sudut baru, keluar dan carilah orang untuk diwawancarai dan tanyakan hal-hal yang dapat membantu anda menulis. Sebagai mahasiswa pasca sarjana komunikasi, tidak ada yang lebih tahu dari anda kecuali para dosen dan pakar. Dapatkan alamat email, kantor dan tanyakan hal-hal penting pada mereka. Pinta wawancara email bila mereka sangat sibuk dan/atau jauh dari anda sekarang. Sayangnya, karena status mereka sebagai ahli dalam bidangnya, kemungkinan besar ada orang selain anda yang meminta informasi, saran dan pendapat keilmuan. Untungnya, para ahli ini menghargai pembicaraan mengenai bidang keilmuannya.
Sesi wawancara dan pertanyaan serta jawaban ini akan lebih membantu anda ketimbang semata menciptakan disertasi komunikasi yang asli sepenuhnya. Anda akan sekaligus menciptakan kontak dalam bidang keilmuan ini. Sebagai seseorang yang akan segera lulus dengan gelar doktor komunikasi di pasar tenaga kerja, memiliki hubungan sosial dengan sesama pakar komunikasi akan sangat menguntungkan. Ia juga akan membantu anda memunculkan impresi sebagai orang yang cerdas, supel dan menarik. Gigih namun tidak mengganggu. Membantu namun tidak mengancam.
Setelah anda menyelesaikan disertasi anda, kirimkan salinan anda pada pakar yang telah membantu anda. Lebih baik lagi, jadikan disertasi komunikasi anda sebagai sebuah buku yang diterbitkan untuk umum. Hal ini bukan hanya mengukuhkan nama anda di masyarakat, namun pula membangun portofolio, dan menciptakan impresi membantu dengan profesional lainnya yang membaca disertasi anda, namun jangan lupakan mereka yang telah membantu anda dalam proses penulisan disertasi anda. Promosikan mereka pula sebagai ahli di bidang komunikasi. Baik bagi mereka, baik bagi karir anda. Disertasi komunikasi adalah produk pendidikan tertinggi anda dan langkah pertama untuk mengukuhkan diri anda sebagai pakar dalam ilmu komunikasi.

No comments:

Post a Comment