Wednesday, January 19, 2011

Disertasi Matematika

Pada awalnya tampak aneh namun disertasi matematika memang benar ada. Tentu saja ada beberapa mahasiswa pasca sarjana yang tertarik menulis mengenai matematika dan ini dapat dilakukan. Sejauh anda berminat dengan subjeknya dan anda memiliki keahlian yang diperlukan untuk membuat disertasi, maka anda dapat mencobanya.
Disertasi matematika harus mengikuti struktur yang sama dengan menulis disertasi lainnya. Ini artinya harus juga ada bagian Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode, Data, Analisa, Hasil, Rekomendasi, Kesimpulan dan Abstrak. Tentu saja anda juga harus memiliki masalah penelitian untuk dimulai.
Topik apa yang dapat ditulis untuk disertasi matematika?
Salah satu hal bagus mengenai matematika adalah adanya banyak sekali teori. Ini adalah daerah penelitian yang bagus karena anda dapat memeriksa bukti-bukti yang mendukung atau menyanggah sebuah teori matematika. Namun bila anda lebih berani, anda bahkan dapat memodifikasi sebagian teori dan menciptakan teori sendiri.
Kemungkinan lain untuk tesis atau disertasi matematika adalah mengenai kepribadian dunia lama. Ini lebih seperti makalah penelitian informatif karena anda akan membahas mengenai orang yang telah memberikan sumbangan pada matematika yang kita kenal dan gunakan sekarang. Pastikan kalau anda membaca profil mereka sebelum memasukkannya dalam disertasi anda.
Terakhir, anda dapat menulis disertasi matematika yang memperluas penggunaan subjek tersebut di kehidupan sehari-hari. Mulailah dengan menyebutkan berbagai cara matematika mempengaruhi hidup kita dan coba cari penerapan yang mungkin di masa depan dan bagaimana ia akan mengubah masyarakat kita.

No comments:

Post a Comment