Thursday, February 3, 2011

Disertasi Terbaik Januari 2011: Jaringan Ponsel tanpa Base Station

Generasi baru teknologi telepon seluler memungkinkan berkomunikasi langsung dari satu telepon ke telepon lainnya tanpa harus bertopang pada base station. Sebuah disertasi dari Universitas Linkoping di Swedia menyajikan sebuah program yang bekerja pada telepon dan dapat mengirim pesan bahkan saat infrastruktur telekomunikasi terputus.
Bencana alam dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan betapa rentannya masyarakat kita pada peristiwa yang tak terlihat dan merusak. Pada saat yang sama, kita telah melihat kalau ada keinginan kuat untuk membantu masyarakat di daerah bencana. Namun agar operasi penyelamatan bekerja, telekomunikasi harus berjalan.




Base station telepon seluler dan telepon satelit adalah sangat penting namun mereka memiliki keterbatasan dalam hal biaya, waktu pembangunan, dan akses dalam skala besar. Mikael Asplund, seorang kandidat doktor dalam ilmu komputer sekarang menyajikan pengganti saluran komunikasi yang ada saat krisis.
Gagasannya adalah menggunakan generasi baru telpon seluler untuk mengirim pesan langsung dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Keuntungan tipe jaringan spontan ini adalah ia dapat digunakan siapa saja, tanpa perangkat khusus, dan dapat disetel seketika untuk memecahkan masalah yang muncul di tempat tertentu.
Namun jaringan demikian bukan hanya membawa potensi besar, namun juga tantangan tersendiri. Hal ini karena celah dan partisi jaringan dapat naik, sehingga tidak ada yang dapat lagi mengirim pesan. Di saat yang sama, penggunaan baterai yang besar memerlukan efisiensi energi yang tinggi. Mikael Asplund dan rekan-rekannya telah merancang program yang dapat mengatasi kesulitan ini saat ia dijalankan di telepon sehingga memungkinkan pengiriman pesan dalam kondisi sangat buruk.
Bagian pertama disertasi beliau juga berurusan dengan partisi jaringan dalam lingkungan yang lebih terkendali. Masalah ini dapat muncul misalnya saat sebuah bank internet mengalami gangguan dalam koneksi jaringannya ke bagian lain bank. Disertasi ini menyajikan metode agar bank dapat terus memberikan layanan pada nasabahnya walaupun ada kerusakan dalam jaringan telekomunikasi.

No comments:

Post a Comment