Thursday, February 3, 2011

Mutu Disertasi Indonesia dilihat dari Indeks Potensi Inovasi

Disertasi dimaksudkan untuk menciptakan pengetahuan baru atau inovasi baru bagi bidang ilmu yang bersangkutan. Pengetahuan ataupun inovasi tersebut merupakan output dari pendidikan semenjak lahir hingga lulus dengan gelar doktor. Bila kita batasi rentang pengetahuan tersebut sebatas program pasca sarjana s3 saja, maka inputnya adalah potensi calon mahasiswa s3 untuk menghasilkan pengetahuan baru atau inovasi baru tersebut. Disinilah letak hubungan indeks potensi inovasi terhadap mutu disertasi itu sendiri.
Kita mengharapkan bahwa dalam disertasi telah tertuang segala potensi inovasi dan pengetahuan yang telah kita pelajari selama ini. Walau begitu, setiap individu memiliki potensi yang berbeda. Hal ini dapat dirata-ratakan hingga seluruh populasi di suatu negara.
Global Innovation Index 2009-2010 telah melakukan survey terhadap 132 negara, salah satunya Indonesia. Salah satu surveynya menghasilkan nilai indeks potensi inovasi. Bagaimana indeks potensi inovasi Indonesia relatif terhadap negara lain? Tabel berikut menampilkan lima besar negara dengan indek potensi inovasi di wilayah Asia Tenggara, Asia dan Dunia.
Negara
Ranking Asia Tenggara
Ranking Asia
Ranking Dunia
Finlandia
-
-
1
Islandia
-
-
2
Swedia
-
-
3
Amerika Serikat
-
-
4
Denmark
-
-
5
Taiwan
-
1
6
Jepang
-
2
7
Korea Selatan
-
3
8
Singapura
1
4
10
Israel
-
5
13
Indonesia
2
13
59
Filipina
3
17
69
Thailand
4
19
72
Vietnam
5
20
73
Cukup baik posisi Indonesia di Asia Tenggara. Kita urutan kedua sebagai negara dengan indeks potensi inovasi tertinggi di Asia Tenggara. Sayangnya, hal ini masih berupa potensi. Sesuatu yang dapat mewujud, namun dapat juga hanya terpendam semakin dalam, jika salah dikembangkan. Adalah tugas kami sebagai jasa penulisan disertasi untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi inovasi anda dalam bidang keilmuan anda. Dalam bekerja sama dengan kami, anda bukan hanya memperoleh rekan dialog untuk berbagi ide dan pengetahuan, namun anda juga dapat memperoleh masukan-masukan keilmuan penting serta referensi-referensi yang sulit anda peroleh jika anda bekerja sendiri atau tidak dengan profesional. Mari kita kembangkan potensi yang telah ada di diri anda sekarang. Hubungi kami di penulisdisertasi@gmail.com

No comments:

Post a Comment