Monday, March 14, 2011

Disertasi Teknologi : Pemain Musik Klasik juga dapat menderita Masalah Pendengaran


Musisi mudah mengalami masalah pendengaran akibat paparan suara yang berkepanjangan. Hal ini juga berlaku pada pemain musik klasik, yang terpaparkan pada level suara yang tinggi. Masalah-masalah pendengaran juga mempengaruhi pengalaman musisi pada lingkungan kerja mereka. Stress dan mengalami lingkungan kerja yang ribut berasosiasi dengan masalah pendengaran. Walaupun musisi khawatir pada pendengaran mereka, pengguna pelindung pendengaran ternyata langka.
Disertasi terbaru dari Heli Koskinen D.Sc. (Tech) mencatat bahwa sementara peraturan kebisingan uni eropa mensyaratkan bahwa program perlindungan pendengaran baru dapat disusun untuk bidang hiburan selain industri, kebutuhan dan sikap musisi klasik belum diperiksa dengan cukup dari banyak sudut pandang. Studi-studi sebelumnya menunjukkan kalau musisi terpaparkan pada level suara yang dapat merusak pendengaran. Studi Koskinen membenarkan kalau musisi memang mengalami masalah pendengaran, namun tidak sampai pada model-model prediktif dapat memberikan alasan untuk berasumsi.
“Penggunaan pelindung pendengaran langka pada para musisi. Hanya musisi dengan masalah pendengaran yang memakai pelindung secara teratur,” kata Koskinen. “Masalah pendengaran terkait dengan stress dan menurunnya kepuasan kerja. Sementara meningkatkan akustik ruangan dan kelas tidak mengurangi paparan musisi pada kebisingan, ia memang meningkatkan kepuasan kerja mereka,” lanjut Koskinen.
“Prioritas pertama adalah melakukan tindakan yang dapat mengurangi paparan pada kebisingan. Hal ini termasuklah memperbaiki akustik untuk semua ruangan (saat tampil dan dalam ruang orkestra atau pemain tunggal), meningkatkan jarak antara pemain dan pemain lainnya, yang dapat dilakukan dalam ruang yang lebih kecil,” kata Koskinen. Mungkin juga memperbaiki motivasi musisi untuk membahas masalah pendengaran ini. Insiden berbagai masalah pendengaran (telinga berbunyi atau tinnitus, hipersensitivitas suara, dsb) dapat lebih mudah ditemukan pada musisi daripada populasi umum. Karena masalah pendengaran dapat menyebabkan masalah serius pada musisi, pemeriksaan medis khusus harus menyorot pada gejala ini dan melakukan tindakan pencegahan.
Disertasi doktoral Heli Koskinen D.Sc (Tech) mengenai perlindungan pendengaran dan daerah masalah terkait pada pemain musik klasik diperiksa secara publik di Sekolah Sains dan Teknologi Universitas Aalto hari Jumat 9 April 2010. Studi ini mengukur dan menentukan pertama kalinya, paparan tahunan musisi pada suara, termasuk paparan saat sesi latihan individual, yang juga memeriksa secara ekstensif berbagai masalah berhubungan dengan penggunaan pelindung pendengaran. Disertasi ini memberikan peralatan yang khusus mengembangkan pendekatan baru dan pertimbangan teknis untuk dialog masalah pendengaran serta implementasinya dalam program dengar pendapat pendengaran para musisi musik klasik.

No comments:

Post a Comment