Tuesday, February 1, 2011

Mutu Disertasi Kita di Tingkat Internasional

Disertasi dicirikan dengan penciptaan pengetahuan baru bagi sebuah bidang keilmuan. Sangat jarang kita menemukan nama orang Indonesia dalam kutipan di landasan teori disertasi. Hal ini mencerminkan rendahnya sumbangan Indonesia dalam penciptaan pengetahuan baru. Walaupun ada banyak program pasca sarjana yang memproduksi doktor di berbagai bidang, hal ini masih belum cukup menandingi laju penciptaan pengetahuan dari negara lain.
Laporan Global Innovation Index untuk tahun 2009-2010 telah dirilis. Laporan ini membeberkan ranking dan kondisi faktor-faktor inovasi di berbagai negara. Salah satu indeks yang paling relevan dengan disertasi adalah indeks penciptaan pengetahuan itu sendiri. Dengan melihat posisi kita dalam indeks penciptaan pengetahuan, kita dapat memperoleh gambaran sejauh mana mutu disertasi mahasiswa s3 di Indonesia relatif dengan negara lain di dunia.
Untuk edisi 2009-2010, indeks penciptaan pengetahuan diperoleh lewat survey di 132 negara. Berikut adalah urutan lima besar di tingkat Dunia, Asia dan Asia Tenggara.
Negara
Ranking Asia Tenggara
Ranking Asia
Ranking Dunia
Swiss
-
-
1
Swedia
-
-
2
Jepang
-
1
3
Finlandia
-
-
4
Denmark
-
-
5
Taiwan
-
2
7
Israel
-
3
8
Korea Selatan
-
4
11
Singapura
1
5
15
Malaysia
2
7
34
Timor Leste
3
12
44
Indonesia
4
14
60
Thailand
5
18
73
Dan disitulah kita, di urutan 73 dunia, di bawah rata-rata (batas 66). Di Asia kita hanya urutan ke-14 dan bahkan di Asia Tenggara kita masih kalah dari Timor Leste. Ini artinya, secara rata-rata, mutu disertasi mahasiswa doktoral yang kuliah di Timor Leste masih lebih baik daripada disertasi mahasiswa doktoral rata-rata yang kuliah di Indonesia. Ada apa ini?
Mengenai masalah penyebab rendahnya mutu disertasi dan penciptaan pengetahuan di Indonesia biarlah menjadi urusan penelitian lebih lanjut. Sekarang bagaimana kondisi ini dapat menguntungkan bagi anda. Bila anda seorang mahasiswa doktoral yang memiliki disertasi bermutu tinggi, jelas anda sangat beruntung. Disertasi anda berada jauh di atas rata-rata dan memenuhi standar Swiss, Swedia atau Jepang. Tapi membuat disertasi bermutu tinggi sangatlah sulit. Ini sudah terbukti dengan rendahnya posisi negara kita di daftar peringkat penciptaan pengetahuan. Walau begitu, anda hanya selangkah dari disertasi bermutu tinggi anda. Kami menyediakan jasa penulisan disertasi pesanan yang bermutu tinggi. Ditulis sesuai topik yang anda inginkan dan asli 100%, bukan menyalin, bukan menjiplak. Kami memiliki sumberdayanya, dan kami tidak segan bekerja seharian, bila perlu 24 jam untuk menghasilkan disertasi bermutu tinggi. Ini karena kami profesional dan berdedikasi penuh pada jasa penulisan disertasi. Bila anda sendiri yang membuatnya, mungkin ada banyak halangan dan gangguan konsentrasi, keluarga, pekerjaan, kuliah dan sebagainya. Kami tidak karena memang inilah pekerjaan kami. Kami telah berpengalaman menghasilkan banyak disertasi sejak tahun 2000. Jangan ragu lagi, hubungi kami di penulisdisertasi@gmail.com untuk mendapatkan formulir pemesanan, daftar harga dan detail mekanisme kerjasama kita. Kami tunggu.

No comments:

Post a Comment