Thursday, March 17, 2011

Definisi Disertasi

“Disertasi” diturunkan dari bahasa Latin dissertatio, yang berarti “wacana”. Dalam pandangan umum, definisi disertasi adalah, “tugas ekstensif tertulis yang memerlukan penelitian mendalam oleh mahasiswa doktoral yang diharuskan untuk evaluasi akhir guna mendapatkan gelar doktor”.
Definisi Disertasi secara sederhana!
Disertasi menurut kamus Oxford, “disertasi adalah essay panjang, khususnya yang ditulis untuk titel atau diploma universitas”.
Disertasi menurut Britannica Encyclopedia, “Disertasi adalah perlakuan sebuah subjek secara diperluas dan biasanya tertulis; khususnya yang diajukan untuk titel doktor”.

Dissertasi menurut ISO 7144,
"Disertasi adalah sebuah dokumen yang menyajikan penelitian dan hasil pengarang dan diajukan untuk mendukung pencalonan sebuah gelar atau kualifikasi profesi”
Bagaimana berbagai daerah mendefinisikan disertasi:
Disertasi memiliki konotasi berbeda di negara berbeda dan memuat level studi berbeda di berbagai negara. Di Amerika Serikat, disertasi didefiniskan sebagai hasil utama studi level doktoral. Di Amerika Serikat, dokumen penelitian PhD didefinisikan sebagai disertasi PhD, sementara di Eropa dan Inggris, ia disebut tesis PhD.
Di Australia dan Selandia Baru, disertasi berarti studi di level Master. Ia juga dapat didefinisikan sebagai bagian karya tulis diperluas pada level sarjana.
Inggris
Pada universitas-universitas di Inggris, kata tesis normalnya dikaitkan dengan PhD (doktoral), di saat yang sama disertasi merupakan ekspresi yang lebih luas untuk proyek besar yang diajukan sebagai bagian titel sarjana atau master.
Amerika Serikat
Di sejumlah program doktor Amerika Serikat, kata “disertasi” dapat merujuk sebagian besar waktu keseluruhan yang digunakan mahasiswa pasca sarjana (bersama dengan kuliah 2 atau 3 tahun), dan perlu bertahun-tahun kerja permanen untuk diselesaikan.
Hampir di semua universitas, disertasi adalah istilah untuk pengajuan yang disyaratkan untuk dokumen penelitian tertulis untuk titel doktor dan tesis hanya merujuk pada persyaratan titel Master.
Kesimpulan:
Disertasi adalah tugas diperluas yang tertulis dan memerlukan penelitian mendalam oleh mahasiswa yang dapat berupa esai panjang, penelitian dan hasil penelitian pengarang. Disertasi secara normal diberikan untuk kandidat pascasarjana, sarjana dan master di Inggris sementara kandidat di AS secara normal menyebutnya tesis. Walau begitu apapun masalah anda, anda dapat memperoleh bantuan komprehensif di penulisdisertasi@gmail.com


No comments:

Post a Comment